Sabtu, 28 September 2013

contoh menulis notulen

Notulen Diskusi




Tanggal diskusi           : 14 September 2012
Tempat diskusi            : Ruang Kelas XII IPA 1
Waktu diskusi             : Pukul 08.30 – 08.55 WIB
Tema diskus                : Pengaruh Internet terhadap Prestasi Pelajar

Moderator                  :
Penyaji                       :
Peserta                       : Siswa kelas XII IPA 1 SMA N 1 Jetis dan seorang guru bahasa Indonesia
Jumlah                         : 26 orang
Uraian pelaksanaan diskusi : Diskusi berjalan lancar dan peserta antusias dengan diskusi, tetapi tema diskusi meluas
Pertanyaan 1               : Bagaimana cara agar siswa tidak masuk ke dalam dampak negatif internet?
Pertanyaan 2         : Apa yang harus dilakukan agar siswa tidak terpengaruh pada hal-hal negatif dari internet?
Pertanyaan 3               : Bagaiamana solusi bagi siswa yang kecanduan internet?
Pertanyaan 4               : Bagaimana cara orang tua mengarahkan anak yang menggunakan internet, jika orang tua tersebut tidak mengetahui internet?
Pertanyaan 5           : Menurut Anda, apakah siswa SMA N 1 Jetis sudah menggunakan internet dengan baik?
Pertanyaan 6               : Apakah pelajar yang kecanduan e-book akan malas membaca buku pelajaran? 
Jawaban 1 dan 2         : Cara agar siswa tidak masuk ke dalam dampak negatif internet yaitu, kesadaran dari diri sendiri, dalam hal ini siswa dalam menggunakan internet harus bijak, hanya untuk mencari hal-hal yang penting dan berhubungan dengan pelajaran sekolah. Kemudian peran orang tua pun sangat penting, karena orang tua akan mengarahkan anak dalam menggunakan internet.
Jawaban 3                   : Melakukan hal-hal yang dapat menyibukkan diri sendiri selain bermain internet, seperti olahraga atau melakukan kegiatan yang disukai (hobi).
Jawaban 4                   : Dalam hal ini, walaupun orang tua tidak mengetahui internet, orang tua pasti tetap membimbing anaknya dalam melakukan sesuatu dengan memberitahu anak mana yang baik dan yang buruk. Anak boleh menggunakan internet tetapi ada batasannya.
Jawaban 5                   : Penggunaan internet di SMA N 1 Jetis oleh siswa masih baik. Siswa menggunakan internet untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah.
Jawaban 6                   : Dalam materi pembelajaran, internet harus digunakan dengan bijak. Penggunaannya hanya untuk melengkapi kekurangan pada buku pelajaran. Sebagai seorang siswa, buku tetap sebagai pedoman untuk pembelajaran.



Moderator,                                                                                          Penulis,
 




Laporan Hasil Diskusi
Pengaruh Internet terhadap Prestasi Pelajar


1.      Pendahuluan
Internet adalah jaringan komputer yang luas dan mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari satu negara ke negara lain di seluruh dunia. Internet merupakan teknologi yang canggih karena dapat membantu masyarakat dalam berbagai keperluan, mulai dari keperluan pribadi, organisasi, maupun keperluan dinas. Dengan mengakses internet, kita dapat berkomunikasi, berinteraksi, maupun saling bertukar informasi. Tidak hanya orang dewasa saja yang dapat mengakses internet, saat ini sistem pembelajaran yang maju membuat pelajar secara cepat dapat memelajari internet. Namun internet dapat memberikan pengaruh positif dan negatif kepada pelajar.

2.      Nama Kegiatan
Kegiatan diskusi yang dilaksanakan bertema “Pengaruh Internet terhadap Prestasi Pelajar “.

3.      Pelaksanaan
Diskusi dilaksanakan pada
hari           : Jumat
tanggal     : 14 September 2012
waktu       : pukul 08.30-08.55 WIB
tempat      : Ruang  Kelas XII IPA 1 SMAN 1 Jetis Bantul

4.      Penyaji
Penyaji dalam diskusi ini adalah Dina Septiarini, Uswatun Hasanah, Arief Koesharyadi, dan Nurwidi Rukmono Jati Saputra, yang merupakan ahli dari kelompok diskusi, dengan makalah yang berjudul “Pengaruh Internet terhadap Prestasi Pelajar “.

5.      Peserta
Peserta terdiri dari satu guru bahasa Indonesia dan 25 siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 Jetis Bantul. Jumlah seluruh peserta yang mengikuti diskusi ada 26 orang.

6.      Uraian Singkat Diskusi
Secara umum diskusi berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun selama 25 menit. Peserta mengikuti jalannya diskusi yang berlangsung dengan antusias. Penyaji menyampaikan makalah dengan tuntas kepada peserta diskusi. Peserta sangat tertarik dengan tema dan isi makalah yang disampaikan oleh penyaji yaitu “Pengaruh Internet terhadap Prestasi Pelajar”. Banyak pertanyaan yang peserta ajukan kepada penyaji.  Tema makalah tersebut memang  sangat relevan  dengan perilaku pelajar, yang saat ini dalam menggunakan internet hanya untuk menghabiskan waktu luang. Peserta diskusi ingin tahu bagaimana solusi yang harus dilakukan jika sudah kecanduan terhadap internet dan penyaji pun memberikan solusi kepada peserta agar tidak kecanduan terhadap internet. Namun diskusi meluas dan keluar dari tema makalah.

7.      Penutup
Sebenarnya internet memiliki pengaruh positif terhadap pelajar, karena internet menyediakan informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh pelajar sehingga pelajar dapat belajar melalui internet. Pengaruh negatif terhadap pelajar adalah terjerumus pada hal-hal negatif seperti melihat video porno, bermain game online, dan jejaring sosial. Mereka kecanduan bermain internet karena pelajar adalah anak berusia muda yang masih labil dan cenderung ingin tahu, sehingga mereka lupa dengan tugas mereka sebagai pelajar dan mengakibatkan prestasi mereka menurun, sedangkan  internet tidak memiliki filter  dan batasan. Oleh sebab itu, segala sesuatu harus disikapi dengan bijak. Pelajar harus mengetahuai kewajibannya sebagai pelajar. Dan pelajar pun dapat memenuhi haknya, tetapi tidak boleh melampaui batas. Kewajiban orang tua untuk selalu mengawasi putra-putrinya juga sangat penting agar tidak larut dengan internet dan lebih memfokuskan diri pada kegiatan belajar. Dengan begitu seorang pelajar dapat berprestasi di sekolahnya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

www.jualherbaldenature.com dan www.obatampuherbal.com

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar